fbpx

STMIK Antar Bangsa Gelar Olimpiade Matematika dan Programming Nasional Tingkat SMA Sederajat

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Antar Bangsa kembali menggelar Antar Bangsa Competition (ABC) secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (21/5). Tahun ini adalah penyelenggaraan yang keempat kalinya, dan diikuti oleh siswa tingkat SMA Sederajat se-Indonesia. Ada dua bidang olimpiade yang dilombakan, yaitu matematika dan programming.

Kegiatan olimpiade tahun ini menunjukan animo kepada siswa bahwa bidang matematika dan pemrograman bukan sesuatu yang dianggap sukar. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan gairah kepada setiap siswa bahwa bidang matematika dan pemrograman bukan sesuatu yang menakutkan dan sulit.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Ustadz Annur Fajri, Ph.D., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang bagi setiap peserta untuk meningkatkan potensi dan kemampuan di bidang matematika dan pemrograman, yang dimana nantinya dari kegiatan ini dapat berguna bagi peserta dalam melanjutkan pendidikan atau karier.

“Ini merupakan kegiatan yang telah berlangsung keempat kalinya yang diselenggarakan oleh STMIK Antar Bangsa. Dari kegiatan ini, teman-teman dapat membuktikan kemampuan dan potensinya masing-masing, yang di mana nantinya akan dapat bermanfaat,” ucap beliau saat memberikan kata sambutan.

Penyelenggaraan ABC terdiri atas tiga tahap yaitu pendaftaran, pelaksanaan lomba, dan pengumuman. Kegiatan ini juga akan berlangsung selama satu pekan ke depan, di mana hari pertama menjadi hari pembuka bagi setiap peserta untuk memahami setiap teknis perlombaan. Selanjutnya, di hari kedua akan dilaksanakan pengerjaan soal matematika secara Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer. Ini merupakan tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda. Kemudian di hari ketiga sampai hari kelima pelaksanaan akan berlangsung perlombaan pemrograman, dimana setiap peserta wajib membuat aplikasi berbasis web dan mempresentasikan hasil buatannya.

Kepala Marketing STMIK Antar Bangsa, Bapak Muhammad Hilmy Rachmatullah, S.I.Kom., sangat menyambut baik kegiatan ini, karena ini merupakan kegiatan yang digelar secara rutin setiap tahunnya oleh Kampus IT-nya Daarul Qur’an. Lebih lanjutnya beliau memberikan semangat kepada setiap peserta untuk mengikuti perlombaan ini dengan baik serta menjunjung sportifitas.

“Selamat untuk teman-teman semua yang akan mengikuti kegiatan olimpiade ini. Tetap semangat dan jangan lupa untuk terus belajar agar hasilnya sesuai harapan,” ungkap beliau.

Olimpiade tahun ini terbuka bagi seluruh siswa kelas X, XI, dan XII SMA sederajat, dan pada tahun ini panitia memberikan penghargaan kepada peserta terbaik berupa E-Sertifikat, Uang Tunai, dan Beasiswa di STMIK Antar Bangsa.

Meski digelar secara daringpembukaan ini tetap berlangsung meriah. Sebagai hiburannya, panitia menyajikan mini game yang diikuti oleh seluruh peserta. Melalui kegiatan ini STMIK Antar Bangsa berharap agar para siswa tetap bisa belajar dan dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif.

Artikel ini sudah dimuat di: https://kumparan.com/cerita-santri/gelar-olimpiade-matematika-dan-pemrograman-stmik-ab-undang-pelajar-se-nasional-1y9CHQr9IUH