fbpx

Rakernas Daarul Qur’an Group: Songsong 2022, Siapkan Pemimpin Inovatif dan Responsif

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Daarul Qur’an Group 2021 telah digelar di Gedung Aula STMIK Antar Bangsa, CBD, Ciledug, Tangerang, Banten, tanggal 5 dan 6 Januari 2022 lalu. Acara ini dihadiri seluruh Pimpinan Daarul Qur’an, Deputi Daarul Qur’an Group, dan Pimpinan Unit Usaha.

Rakernas Daarul Qur’an Group tahun 2021 ini mengangkat tema Nurturing Visionary, Responsive and Multi-Talented Leaders. Para Pimpinan Daarul Qur’an menekankan tentang pentingnya leadership, kaderisasi dan regenerasi. Membibit calon pemimpin yang visoner, responsif, dan multi talenta.

KH. Ahmad Kosasih, M.A selaku Dewan Syariah Daarul Qur’an Group, membuka secara resmi acara ini sekaligus berpesan agar insan Daqu, khususnya jajaran pimpinan sebagai leader dan panutan, menguatkan etika dalam bisnis, di antaranya Ihsan atau berperilaku terpuji, Itqon atau bersungguh-sungguh, Hemat, Jujur dan Adil.

KH. Ahmad Jamil, M.A., selaku pimpinan Daarul Qur’an Direktorat Pendidikan, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya nilai-nilai perjuangan Daarul Qur’an. Daarul Qur’an bukan hanya membutuhkan penerus yang bisa melanjutkan estafet organisasi, tapi juga memahami ruh organisasi. Hal ini hanya bisa terwujud dengan kaderisasi yang terencana, terstruktur, dan masif.

Ketersediaan leader yang inovatif, responsif, dan multitalenta melalui pengkaderan tersebut juga penting sebab perkembangan Daarul Qur’an amat dinamis. Seperti yang disampiakan Dr. H. M. Anwar Sani, M.E., selaku Pimpinan Daarul Qur’an Direktorat Zakat dan Wakaf.

Salah satu terobosan dari dinamisme Daarul Qur’an tersebut adalah rencana digelarnya IPO di setiap unit bisnis Daarul Qur’an Group pada tahun 2022. H. Tarmizi, M. Ag., selaku Pimpinan Daarul Qur’an Direktorat Ekonomi mengingatkan untuk bersiap serta melakukan penguatan supply-chain di seluruh unit usaha. Sinergi dan kolaborasi ini amat penting dalam tercapainya penguatan sistem yang lebih terintegrasi.

Selanjutnya masing-masing unit menyampaikan perkembangan serta program dan strategi yang akan datang. Alhamdulillah, selama tahun 2021 unit-unit Daarul Qur’an mampu meningkatkan kinerja melalui upgrading sistem maupun program kerja.

Seperti yang dilakukan Laznas PPPA Daarul Qur’an yang sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 sehingga organisasi mampu menyediakan produk dan jasa yang berkualitas. Kemudian di setiap unit bisnis Daqu Group pada tahun 2022 akan terintegrasi menggunakan sistem ERP sehingga pengkalkulasian data lebih valid.

Harapannya di tahun 2022 ini Daarul Qur’an Group dapat memenuhi kebutuhan dan layanan seluruh lapisan masyarakat, baik dari dunia pendidikan, sosial, maupun ekonomi.

Sumber: https://daqu.sch.id/news/artikel/rakernas-daarul-quran-group-songsong-2022-siapkan-pemimpin-inovatif-dan-responsif