fbpx

Rayakan Hari Jadi ke-14 Tahun, STMIK Antar Bangsa Fokus Menjadi Kampus Mandiri dan Unggul

Empat belas tahun bukanlah rentang waktu yang singkat. Sepanjang itu pula Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Antar Bangsa mengabdikan diri kepada bangsa. Tepat pada hari ini, STMIK Antar Bangsa genap berusia 14 tahun. Dalam perjalanannya, STMIK Antar Bangsa telah melahirkan banyak lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Teknologi Informasi yang dibekali ilmu Al-Qur’an. Tak jarang apabila lulusan STMIK Antar Bangsa banyak yang menjadi ahli IT serta hafidz Qur’an.

Kegiatan hari ini merupakan Puncak dari berbagai rangkaian acara yang telah dan akan dilaksanakan oleh Panitia Milad. Kegiatan Milad tahun ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan melalui kanal Youtube Antar Bangsa Daqu pada Selasa (27/7).

Acara yang bertajuk “Menuju Kemandirian dan Keunggulan” ini sebagai bentuk harapan dan cita dari STMIK Antar Bangsa untuk dapat mewujudkan kampus yang lebih mandiri dan unggul di berbagai sektor.

Acara yang diselenggarakan melalui Zoom Meeting ini turut dihadiri oleh Pimpinan Umum Daarul Qur’an, Pimpinan Direktorat Daarul Qur’an, Dosen, Mahasiswa, serta Alumni yang tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi ada juga mahasiswa dan alumni yang hadir dari luar negeri.

Kegiatan puncak Milad ke-14 STMIK Antar Bangsa ini turut dihadiri oleh Pimpinan Umum Daarul Qur’an, KH. Yusuf Mansur, S.E, M.E. Beliau bersanding pula dengan pimpinan lainnya, seperti Pimpinan Direktorat Ekonomi yang sekaligus sebagai Ketua STMIK Antar Bangsa, Ustadz Tarmizi Ashidiq, S.E, M.Ag. Pimpinan Direktorat Pendidikan dan juga Ketua Yayasan Bina Putra Putri Bangsa, K.H Ahmad Jamil, S.E, M.A. Pimpinan Direktorat Zakat dan Wakaf yang sekaligus sebagai Rektor Institut Daarul Qur’an,  Dr. Muhammad Anwar Sani, S.Sos, M.E. Serta Dewan Syariah Daarul Qur’an, K.H Ahmad Kosasih, M.A.

Ketua STMIK Antar Bangsa, Ustadz Tarmizi Ashidiq, S.E, M.Ag, mengatakan bahwa STMIK Antar Bangsa menjadi tempat bersama bagi beliau dan pimpinan Daarul Qur’an lainnya untuk belajar mengenai dunia perguruan tinggi.

“STMIK adalah salah satu kampus tempat belajarnya saya dan teman-teman yang lain, termasuk Kyai Jamil, Kyai Sani, tentang dunia perkampusan. Karena STMIK Antar Bangsa adalah salah satu kampus awalan di Daarul Qur’an,” jelas beliau.

Lebih lanjut, Ketua STMIK Antar Bangsa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam rangkaian Milad ke-14 STMIK Antar Bangsa, terutamanya Panitia Penyelenggara Milad ke-14. Dan beliau mengungkapkan bahwa kelak STMIK Antar Bangsa akan menjadi sebuah bukti lembaga pendidikan yang mampu memberikan kontribusi besar terhadap bangsa.

“Biar nanti sejarah yang menulis bahwa STMIK Antar Bangsa menjadi bagian dari lembaga pendidikan yang mempunyai ruang kontribusi yang besar terhadap perkembangan Qur’an dan pendidikan anak bangsa,” lanjut ustadz Tarmizi.

Pada kesempatan yang sama, K.H Ahmad Jamil memberikan aspirasinya kepada STMIK Antar Bangsa yang telah berusia 14 tahun. Dan beliau menjelaskan bahwa STMIK Antar Bangsa akan terus bergerak menuju kemandirian dan keunggulan bersama.

“Kita masih terus bergerak, kita masih terus berevolusi menuju ke kesempurnaan, menuju menjadi kampus yang unggul, menjadi kampus terdepan, menjadi kampus yang insya Allah mahasiswanya puluhan ribu dan mudah-mudahan bisa mencapai ratusan ribu,” ucap Kyai Jamil melalui video conferencenya.

Dan beliau melanjutkan tentang kewajiban Sumber Daya Insani yang menjadi tanggung jawab bersama untuk bisa memaksimalkan ikhtiar menjadi lembaga yang besar.

“Termasuk juga, lembaga kita ini harus kita besarkan, kampus kita harus kita besarkan, ini usaha giat kita,” lanjut beliau.

Selain itu, Ustadz Anwar Sani selaku Rektor Institut Daarul Qur’an memberikan aspirasinya terhadap kampus STMIK Antar Bangsa yang berusia ke-14 tahun. Dan mengungkapkan bahwa kini alumni STMIK Antar Bangsa sudah memiliki karir yang luar biasa.

“Perjalanan 14 tahun bukan merupakan perjalanan yang cukup panjang buat Daarul Qur’an, perjalanan STMIK Antar Bangsa. Sekarang alumni-alumni STMIK itu sudah banyak yang bekerja, dan ini merupakan prestasi yang luar biasa,” ungkap Ustadz Anwar Sani.

Di perayaan milad tahun ini, do’a-do’a terbaik senantiasa disampikan oleh berbagai pihak. Salah satunya dari Dewan Syariah Daarul Qur’an, K.H Ahmad Kosasih, M.A. Ia menyampaikan do’a terbaiknya untuk STMIK Antar Bangsa agar menjadi perguruan tinggi yang mampu menghasilkan mahasiswa dan pakar ilmu di bidangnya masing-masing.

“Selamat kepada STMIK dan ustadz Tarmizi Ashidiq yang telah mengantarkan STMIK menjadi perguruan tinggi yang insya Allah yang mendunia. Melahirkan mahasiswa-mahasiswa, pakar-pakar yang tentunya mempuni di bidang masing-masing,” jelas Kyai Ahmad Kosasih.

Pada rangkaian puncak Milad ke-14 ini, diisi oleh Tausyiah Milad yang disampaikan oleh K.H Yusuf Mansur. Melaui video conferencenya, beliau memberikan aspirasinya kepada STMIK Antar Bangsa yang genap berusia 14 tahun.

“Alhamdulillah, luar biasa perjalanan Daarul Qur’an sampai kemudian ke STMIK nya aja gak terasa udah empat belas tahun. Selamat buat Prof Tarmizi dan semua kawan-kawan STMIK,” ucap Ustadz Yusuf Mansur.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa setiap insan Daarul Qur’an memiliki peran dan kontribusi terhadap kemajuan Daarul Qur’an itu sendiri.

“Kita ada di pusaran teknologi hari ini, bagaimana kita mempunyai, memiliki, kontribusi terhadap salah satu dunia IT. Bila kemudian cara berpikir ini kita semai terus, pelihara terus bahwa setiap insan Daarul Qur’an, STMIK Antar Bangsa yang pada hari ini menjadi bintang, bila kemudian mencoba memiliki peran, dengan cara berbuat aja, buat negerinya, buat bangsanya, maka sekian tahun yang akan datang, insya Allah gak akan ada yang terjadi kecuali ada tangan kita di sana, kemudian ada manfaat kita di sana,” lanjut Kyai Yusuf Mansur.

Pada perayaan puncak Milad ke-14 Tahun STMIK Antar Bangsa, ucapan selamat Milad disampaikan oleh para tokoh akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dosen, mahasiswa, alumni, mitra STMIK Antar Bangsa, hingga public figure turut menyampaikan ucapan selamat dan do’a kepada STMIK Antar Bangsa atas usianya yang genap 14 tahun.

Pada rangkaian acara Milad ke-14 ini, selain diisi oleh ucapan selamat dan do’a, ada juga kegiatan Launching Olshop Abang yang merupakan marketplace STMIK Antar Bangsa dengan tujuan memberikan fasilitas terhadap mahasiswa untuk meningkatkan jiwa wirausahanya. Ustadz Tarmizi Ashidiq selaku Ketua STMIK Antar Bangsa yang diampingin oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Annur Fajri, Ph.D turut membuka langsung kegiatan launching tersebut.

Meski digelar secara virtual, acara ini tetap berlangsung meriah. Dari awal hingga akhir acara. Berbagai kegiatan seru turut ditampilkan. Sebagai hiburannya, mini konser pun ikut ditampilkan. Mulai dari penampilan musik dari Tim Daarul Qur’an, hingga penampilan mahasiswa yang mempersembahkan sebuah puisi indah, lagu pop, dan beatbox.

Sesuai dengan tema perayaan Milad tahun ini. Sebagai tanda khidmat tersebut, kini STMIK Antar Bangsa telah melahirkan banyak ahli IT yang hafal Al-Qur’an yang telah tersebar di dalam negeri maupun luar negeri.