fbpx

STMIK Antar Bangsa Hadirkan Peneliti Robotic International di Acara Workshop Robotic

Dalam memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mempelajari Robotic, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Antar Bangsa gelar Robotic Workshop di Aula Lt 3 STMIK Antar Bangsa pada Sabtu, (7/8).

Acara yang berlangsung secara luring ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Program ini dimaksudkan untuk melanjutkan pembahasan dua pekan lalu terkait dengan program bersama.

Abdallah W. Almiutairi, B.Sc., M.Eng yang juga Peneliti Robotic dan Artificial Intelligence dari Philadelphia University Jordan ini disambut hangat oleh Civitas STMIK Antar Bangsa. Hadir pula Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Annur Fajri, Ph.D. Kepala Biro Teknologi Informasi (BTI), Subhiyanto, S.Kom.

Salah satu pembicara di Webinar Interantional beberapa pekan lalu ini membahas bagaimana perkembangan robot mampu mengubah kehidupan manusia modern. Selain itu, ia juga mempraktikan bagaimana robot bekerja dengan baik.

Program Robotic Workshop sendiri merupakan sebuah fasilitas bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan potensi dan kemampuannya di bidang robotic. Selain itu, program ini diadakan untuk menjembatani mahasiswa dengan dunia industri dalam memanfaatkan tren teknologi RPA (Robotic Process Automation) sebagai teknologi terkini.

Pada pertemuan yang pertama ini, Abdallah W. Almiutairi menjelaskan bagaimana sebuah robot bisa bekerja secara baik dengan memiliki komponen pendukung.

“Yang pertama mekanik, seperti body, frames, gears, belts, dan effector. Jadi yang kedua itu adalah sensor. Sensor seperti halnya manusia, bisa melihat, mendengar, dan memiliki rasa. Seperti halnya robot,” ucap Abdallah.

Lebih lanjut, Abdallah W. Almiutairi, menerangkan bagaimana cara kerja dari sensor itu sendiri. Ia juga memberikan analoginya melalui presentasi gambar.

“Sensor itu terdiri dari sensing, planning, dan acting. Sensing itu yang bikin kita ngerti dengan keadaan di sekitar. Jadi banyak jenis-jenis sensor, dan memiliki fungsinya masing-masing,” lanjut Abdallah.

Acara yang berlangsung hingga siang hari ini sangat disambut baik oleh setiap peserta. Pasalnya, sebanyak 20 peserta yang hadir, mereka terlihat antusias ketika Abdallah W. Almiutairi menjelaskan sejarah hingga penggunaan robotik di masa kini. Seperti halnya apa yang disampaikan oleh salah satu peserta yang juga sebagai Instruktur Drone dan Mahasiswa STMIK Antar Bangsa, Liu Purnomo.

Liu mengungkapkan rasa bahagianya selama ia mengikuti pelatihan robotik sesi pertama ini. Dan ia berharap bisa mengikuti pelatihan yang akan berlanjut di pekan depan.

“Alhamdulillah saya sangat terkesan dengan acara robotik ini. Harapannya kedepan masih terus berlanjut, karena hari ini baru masih teori, jadi nanti kita di next session langsung praktek dan itu saya sangat tertarik sama dunia robotik,” ungkap Liu.

Selain Liu, hadir juga mahasiswa STMIK Antar Bangsa dari Manado, Sulastri Meilita Lahinta. Mahasiswa semester 6 itu menuturkan rasa bangganya mengikuti pelatihan ini. Dan juga ia berharap STMIK Antar Bangsa terus mengadakan pelatihan ini secara berkelanjutan.

“Mengikutiworkshop robotic ini, saya menambah ilmu tentang robotik yang saya belum mengetahui sebelumnya. Saran saya, tetap membuka workshop ini agar mahasiswa yang belum mengetahui tentang robotik, bisa mengetahui lagi,” ujar Mei.

Semoga dengan adanya Workshop Robotic ini bisa menjadi program yang dapat membantu mahasiswa STMIK Antar Bangsa untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan robotiknya.